Sabtu, 23 November 2013

Ke Yogyakarta & Solo,, Sukaaa banget ^_^... (1)

Ini rencana yang tidak di duga bersamaan dengan Yuni temanku di Caraka, sebulan sebelumnya aku tau ada promo dari PT. KAI karena dalam rangka Ulang Tahun Kereta Api. Aku sebenarnya sudah ada niat mau ke daerah Jawa Tengah sendiri, melakukan perjalanan single trip... Tidak ada rencana bareng, ternyata Yuni menginfokan bahwa PT. KAI sedang ada promo, aku memberi tau niat ada rencana ke Magelang. Yuni yang ingin ke Solo mengajakku berbarengan menuju Yogyakarta dan mampir juga di Solo.

Ternyata Yuni bersedia jadi guide ^_^

***

Hari itu kami memutuskan untuk bersama Yuni melakukan perjalanan ke Yogyakarta 28 September - 1 Oktober 2013. Kami langsung memesan tiket perjalanan yang Yuni pesan sesuai dengan keinginan kami, naik kereta ekonomi, ahh untung masih ada tiket untuk pulangnya. Kan ga' mungkin kami pergi tapi ga' bisa pulang, hehee... Akhirnya dapet juga tiket PP dengan harga cuma 100ribu... Ahhayyy senangnya ^_^...

28.09.13

Pagi kami siap - siap untuk berangkat, aku pun membawa bekal di jalan nasi dan juga Ayam HFC, snack wafer Tango, biskuit gandum, coklat Choki - Choki dan minuman rasa jeruk yang ku beli di kios dekat rumah.

Ga' lupa donk minum ini juga ^_^...

Sesampainya di Stasiun Senen, aku pun menunggu Yuni yang masih dalam perjalanan. Aku duduk di depan minimarket Indomaret. Widiiihhh rame banget...

Kami pun berangkat, melihat pemandangan dari pinggir jendela kerete membuat-ku semakin mengagumi keindahan alam ciptaan Allah SWT.

Perjalanan siang itu belum terasa dingin... Kebetulan yang duduk di depanku ada perempuan dan bapak", ternyata bapak itu dari Merak menuju Madiun, dekat kampung halaman orang tuaku, di Nganjuk dan perempuan itu turun di Purwokerto ^_^...

***

Waktunya makan siang,, aku dan Yuni mulai membuka bekal makanan yang kami bawa dan kami asik menyantapnya, lumayang kenyang dengan nasi & ayam ^_^

Kereta sore itu berhenti agak lama 15 menitan di Stasiun Cirebon. Tidak lupa kami berdua eksis dulu...

Ini tampilan kereta Krakatau yang kami naiki, kebetulan aku foto yang lewat, hehee ^_^...

Wahh, sampe puas lho kami bisa mengecas HP, karena ada fasilitas listriknya, Alhamdulillah tidak lowbat banget

Suhu ruangan ternyata semakin malam semakin dingin, bbrrrrrrr, bergidik sambil menahan dinginnya malam di kereta Karakatau ^_^...

Kami berpindah tempat duduk, aku berada di pojok dekat jendela, lumayan kalau dingin, kepinginnya kalau ga' tidur pasti perut berasa lapar.. Walaupun sempat memakan roti pemberian Yuni, ahh perutku kalau belum kena nasi pasti kriuk kriuk di dalam bunyinya,,, maka ku santap juga nasi & ayam yang kubawa sisa bekal tadi siang.

Semakin lama semakin dingin, ngantuk, lapar, haus jadi satu... Cemilan biskuit pun aku buka dan air putih yang kubeli saat ada pedagang yang masuk waktu kereta berhenti di Stasiun Cirebon.

Oia, aku baru ingat. Ternyata kereta ekonomi ini berbeda dengan kereta ekonomi yang dahulu. Pedagang tidak boleh masuk dan ikut, hanya di stasiun Cirebon saja itupun pedagang keluar saat kereta mau berangkat.

***

Malam yang kami tunggu, akhirnya sampai juga euyy di Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta ^_^

Sampai di depan Stasiun mau telepon yang punya Losmen Betty, pulsaku pas banget lagi habis. Kami naik beca Rp. 15.000,- sampai Jl. Malioboro. Mampir di ATM CIMB Niaga buat isi pulsa. Lalu kami menelpon bu Betty pemilik Losmen, kami di jemput di seberang gedung DPR, dan kami menuju Losmen dengan tenang.

Penginapan yang kami tempati lumayan bersih dan cukup lega untuk kami ber-2. Biaya cukup murah Rp. 100.000 / kamar. Jadi karena kami memang sudah niat untuk menginap 2 hari, kami hanya mengeluarkan masing - masing Rp. 100.000,-..

Yuni yang pernah sebelumnya menginap di Losmen ini mengatakan, ada kamar yang lebih luas lagi kalau ada rombongan yang ramai.

***

Sudah larut, maka kami memutuskan untuk tidur... Aku yang masih memegang notebook, hanya sempat mengutak ngatik tulisan lama. Tulisan ini tidak sempat, hehe ^_^...

Saatnya aku tidur, ngantuk juga ^_^...

29.09.13

Nah, pagi ini kami bangun jam 5:00, supaya dapet kereta menuju Solo yang keberangkatannya pagi.

Sudah semangat, sampai di Stasiun Tugu Yogyakarta, ini sangat dekat dengan Jl. Malioboro. Sekitar 20 - 25 meter dari penginapan kami. Ternyata kalau mau beli tiket khusus untuk tujuan Solo dan sekitarnya maka kami harus membeli 2 jam sebelumnya.

Akhirnya kami beli dulu tiket jam 6:00 untuk keberangkatan kereta jam 8:00. Setelah kami membeli tiket, kami jalan - jalan di sekitaran stasiun Tugu Yogya dan Jl. Malioboro...

Di Yogya juga ada Taxi, cuma ukurannya berbeda bukan mobil sedan, dan Taxi ini memakai argo juga ternyata

Tidak hanya di Jakarta yang fasilitas busway, tapi di Yogya juga ada namanya Trans Jogya.

Nii tempat yang jual nasi kucing

Nasi kucing ini sebungkusnya cuma Rp. 2.000,- + sate telur puyuh Rp. 1.000 + teh manis hangat Rp. 2.000,- jadi waktu itu aku hanya mengeluarkan Rp. 5.000,-

Setelah makan, kami kembali ke stasiun Tugu untuk siap - siap berangkat

Setelah memasuki stasiun, apalagi aku yang baru pertama kali, maka kami coba masuk lewat pintu depan dari stasiun ini, dan lokasi yang nyaman dan bersih untuk stasiun ini buatku layak bagi para pendatang terutama wisatawan dari luar negeri.

Setelah kami mengeluarkan tiket, maka kami langsung menuju kereta yang sudah menunggu penumpang untuk berangkat.

Perjalanan yang kami tempuh meuju Stasiun Purwosari hanya mencapai kurang lebih 30 menitan.

Setelah kami sampai di Solo ( Surakarta ), maka kami kembali menaiki bus Trans Solo, biaya per orangnya Rp. 3.500,-.

Di Solo terkenal dengan pasar Klewer, yang infonya hanya ada jam 1 siang berjualan nasi liwet terenak di Solo, namun sayang kami tidak sempat untuk mencicipi kuliner yang 1 itu, karena kami harus kembali ke Yogya sebelum sore hari.

Di pasar yang aku beli adalah kaos, sebagai oleh - oleh kalau aku sudah ke sana ^_^...

Di dekat pasar Klewer, terdapat Masjid yaitu Masjid Agung Surakarta atau Kagungan Dalem Masjid Ageng Karaton Surakarta Hadiningrat ^_^...

Kami ingin kembali ke Trans Solo yang tadi kami naiki, lumayan jalan agak jauh kedepan ada taman. Ternyata jalurnya searah, xixi maka kami harus kembali ke pasar Klewer dan menaiki bus yang lewat di depan pasar menuju stasiun Purwosari. Disini ada taman kota.

Oia, di depan pasar Klewer ada juga Taman Parkir Alun - Alun Utara Karaton Surakarta.

Di dekat stasiun Purwosari ada tugu, kami menyeberang untuk bisa masuk ke stasiun.

Akhirnya kami kembali lagi ke Yogya, dan menaiki kereta yang lumayan penuh jadi kami harus berdiri. Tapi aku tidak lupa untuk menjepret keindahan alam, sawah yang hijau... Beautiful ^_^...